√ Wajib Diketahui Sebelum Upgrade! Berikut Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 - Sasnesia

Wajib Diketahui Sebelum Upgrade! Berikut Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

 

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 yang Perlu Diketahui



Informasi tentang apa saja kelebihan dan kekurangan Windows 11 memang perlu diketahui oleh siapapun yang hendak menggunakannya.  Pada juni 2021 lalu, sudah mempunyai banyak versinya. Tentu saja akan ada sejumlah keunggulan maupun kekurangan yang belum banyak diketahui. 

Adanya OS terbaru, memang menjadi dampak perkembangan teknologi. Sistem operasi windows 11 lahir dan banyak disukai oleh penggunanya. Agar semakin menambah wawasan dan pengetahuan Anda, akan dijelaskan apa saja yang menjadi keunggulan dan kekurangan dari sistem operasi ini.

Kelebihan Windows 11

Ada sejumlah keunggulan dari windows 11 yang memikat para penggunanya di berbagai belahan dunia, seperti berikut ini ;

Desain Tampilan

Keunggulan pertama dari sistem operasi windows 11 memang memiliki keunggulan dari segi desainnya. Sistem operasi ini memang memberikan tampilan baru yang lebih segar dan pengalaman berbeda dari versi yang sebelumnya. Tampilan desainnya mirip dengan Linux dan Mac OS. Tombol taskbar dan start menu juga berada di tengah. 

Tampilan Setting

Secara tampilan setting, Windows 11 juga punya tampilan yang elegan dan lebih ringkas. Menu-menu yang tersedia ada setting juga rapi di sebelah kanan dan kiri. Ini cenderung lebih memudahkan penggunanya untuk mengakses berbagai menu yang dipakai. Akan tetapi, memang untuk membuka task manager harus beradaptasi. 

Fitur dark mode atau mode gelap juga tersedia pada Windows 11. Ini dapat diaktifkan bagi Anda yang ingin menggunakannya di malam hari. Atau, jika ingin mengurangi tingkat kesilauan dari tampilan di layar.

Ada Fitur Snap Layout

Fitur snap layout yang terdapat di Windows 11, akan sangat membantu penggunanya untuk melakukan pengaturan saat ingin multitasking. Dengan fitur ini, beberapa pekerjaan dapat dilakukan secara bersamaan. Dengan begitu, anda tidak perlu lagi mengatur banyaknya jendela secara manual karena telah dibuat secara otomatis oleh sistem.

Fitur HDR Mode

Fitur HDR mode pada Windows 11 sangat bagus terutama untuk para gamer. Tampilan di dalam permainan akan kelihatan lebih realistis dan lebih nyaman dilihat mata. Sebenarnya, fitur ini juga mengadopsi dari konsol Microsoft Xbox terutama series x. 

Fitur Direct Storage

Adanya fitur direct storage yang ada pada Windows 11, juga diadopsi dari Xbox series x. Fitur ini sangat bermanfaat untuk semakin meningkatkan kecepatan SSD NVME. Dengan demikian, game akan lebih cepat serta lebih meningkatkan frame rate / FPS di dalam permainan. Teknologi ini juga hampir serupa dengan yang ada pada playstation 5.

Kekurangan Windows 11

Selain beberapa kelebihan di atas, pada Windows 11 juga memiliki kekurangan. Salah satunya, minimum spesifikasi yang diperlukan lebih tinggi. Ada sejumlah persyaratan sistem serta fitur yang mungkin untuk banyak laptop maupun komputer, tidak memenuhinya. 

Jadi, jika anda pengguna perangkat yang masih spesifikasinya di bawah standar atau rata-rata, mungkin akan kesulitan menggunakan sistem operasi ini. Walaupun kedepannya, dari pihak Microsoft tentu akan lebih memperingan spesifikasi minimum agar memudahkan orang penggunanya. 

Kekurangan selanjutnya yaitu tentu dari segi harga. Windows 11 versi original lebih tinggi harganya dibandingkan dengan versi di tahun-tahun sebelumnya. Jadi, bagi Anda yang ingin menggunakannya tentu harus merogoh kocek lebih dalam.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Windows 11 yang perlu diketahui oleh anda yang hendak menggunakannya. Dengan semakin majunya sistem operasi, tentu Windows 11 menjadi pilihan bagus untuk yang suka menggunakan sistem operasi versi terbaru. Semoga ulasan ini bisa membantu Anda !

© Sasnesia. All rights reserved. Blog by Sasnesia