√ 7 Hal yang Bisa Membuat Laptop Anda Cepat Rusak dan Berikut Cara Pencegahannya - Sasnesia

7 Hal yang Bisa Membuat Laptop Anda Cepat Rusak dan Berikut Cara Pencegahannya

Hal yang bisa merusak laptop



Rata-rata, usia laptop di kisaran antara 3 hingga 5 tahun sebelum nantinya menjadi rusak dan tidak bisa berfungsi sebagaimana sebelumnya. Kadang-kadang, Anda juga tidak sadar melakukan berbagai hal yang bisa memperpendek masa pakai laptop ini. Kebiasaan tersebut mungkin terasa sepele padahal dapat merusak laptop. 

Laptop memang sangat berguna untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari. Baik untuk kebutuhan pekerjaan atau pendidikan, laptop dipakai dan sangat membantu. Baik itu untuk pembuatan laporan, pengolah kata, maupun hal lainnya, laptop menjadi suatu benda yang bisa sangat membantu kita.

Merawat laptop tentu menjadi sebuah kewajiban pemiliknya. Laptop yang terawat dengan baik akan memperpanjang usianya sehingga tidak membutuhkan lebih banyak perawatan bahkan penggantian spare part. Agar bisa merawat laptop ini, tentu juga harus mengetahui kebiasaan apa saja yang bisa merusak laptop dan bagaimana cara pencegahannya. 

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Laptop Dan Cara Mencegahnya

Apa sajakah kebiasaan yang bisa merusak laptop serta bagaimana cara pencegahannya? Berikut penjelasannya.

Makan Sambil Memakai Laptop

Kebiasaan pertama yang bisa membuat laptop cepat rusak yaitu makan sambil menggunakannya. Mengapa demikian? Makan di depan laptop biasanya akan meninggalkan remahan-remahan di atas keyboard. Jika kebiasaan ini terlalu sering dilakukan, lama kelamaan komponen yang ada di keyboard akan rusak. 

Meletakkan Benda di Atas Laptop

Kebiasaan lainnya yang mempengaruhi umur laptop, yaitu kebiasaan meletakkan barang di atasnya. Tanpa sadar, kita kerap kali menaruh barang dengan berat berlebihan di atas perangkat. Ini akhirnya bisa merusak layar atau lcd. Untuk mencegahnya, tentu jangan meletakkan benda apapun di atas perangkat, apalagi bobotnya cukup berat. 

Minum Kopi dan Menumpahkannya

Sekitar 60% kerusakan pada laptop disebabkan oleh cairan yang tumpah di atasnya. Oleh karena itu, hindari kebiasaan menaruh minuman di sampingnya. Alasannya, anda bisa sewaktu-waktu menumpahkannya tanpa sengaja. Atau jika ingin minum kopi di depan laptop, maka taruh di tempat atau meja yang berbeda. 

Menggunakan Laptop Pada Tempat yang Suhunya Berlebihan

Kebiasaan lainnya yang bisa memperpendek umur laptop yaitu memakainya di tempat yang terpapar panas berlebihan. Panas yang ada di dalam laptop bisa merusak CPU, video card, hard drive, serta baterai. Agar mencegah laptop terlalu panas, gunakanlah cooling pad atau kipas laptop. 

Membersihkannya Sembarangan

Membersihkan laptop memang bagus, akan tetapi jika melakukannya secara sembarangan malahan bisa berakibat buruk. Contohnya, mengelapnya dengan kain yang kurang bersih. Atau, anda mengelapnya dengan cairan kimia yang malahan bisa merusak layar. Oleh karena itu, pakailah cairan yang aman dan khusus untuk membersihkan serta mengelap dengan kain yang lembut seperti bahan microfiber. 

Terlalu Lama Menggunakan Mode Sleep

Selanjutnya, jangan meninggalkan laptop dalam keadaan mode sleep terlalu lama, berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Jika ingin memakai mode sleep, maksimal usahakan jangan lebih dari 2 jam. Jika melebihinya, akan lebih baik dimatikan. Menggunakan mode sleep terlalu lama bisa mengurangi daya tahan umur baterai dan mempengaruhi motherboard. 

Menaruh Laptop Bukan Di Tas Khusus

Hal penting yang perlu diperhatikan yaitu saat membawa laptop gunakanlah tas khusus. Alasannya, tas tersebut bisa mencegah guncangan dan benturan. Jika menggunakan tas sembarangan, bisa jadi tidak memiliki penahan terhadap benturan yang mungkin terjadi. Karena itulah, tidak ada salahnya siapkan uang untuk membeli tas khusus laptop.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa memperpendek penggunaan umur laptop. Bagi Anda yang masih melakukan hal di atas, sebaiknya coba untuk menguranginya bahkan tidak melakukannya sama sekali lagi. Dengan begitu, laptop akan lebih terawat dan masa pakainya jauh lebih lama. Semoga bermanfaat!

© Sasnesia. All rights reserved. Blog by Sasnesia