√ Cara Memformat Penyimpanan USB Flashdisk Di Linux Melalui Terminal - Sasnesia

Cara Memformat Penyimpanan USB Flashdisk Di Linux Melalui Terminal

Cara Format Flashdrive Di Linux

Sasnesia.com - Cara Memformat USB Flashdisk Melalui Terminal Linux Ubuntu. Sebagian orang yang baru migrasi atau baru pindah sistem operasi dari windows ke linux ntah itu menggunakan ubuntu, debian, dll kadang suka masih bingung untuk melakukan pengoperasiannya, salah satunya adalah untuk memformat flashdisk di linux. Lalu bagaimana cara kita untuk melakukan format pada flashdisk di linux? Sebenarnya ada dua cara tetapi kali ini saya akan menjelaskan cara format flashdisk di terminal linux.

Cara memformat usb flashdisk di linux caaranya agak sedikit berbeda, tapi caranya tetap mudah untuk di ingat , Baiklah langsung saja kita langsung ke tutorialnya.

1. Pertama, kalian harus membuka terlebih dahulu terminal linux kalian shortcut untuk membuka terminal di linux adalah ctrl + alt + T atau bisa juga kalian melakukan search dimenu aplikasi.

2. Selanjutnya jika kalian sudah membuka terminal di linux kalian masing masing, kalian langsung saja hubungkan flashdisk kalian dengan laptop atau PC kalian. Nah jika sudah kalian ketikan perintah dibawah ini.

Jika kalian sudah memasukan perintah itu di terminal kalian maka hasilnya akan seperti dibawah ini.
sudo fdisk -l (huruf terakhir menggunakan huruf L kecil)
Terlihat pada bagian device /dev/sdb1 untuk flashdisk kalian yang sudah kalian colokkan di laptop atau pc kalian


3. Selanjutnya jika kalian sudah mengetahui flashdisk kalian di terminal, selanjutnya kalian harus umount flashdisk kalian, perintah ini bertujuan untuk melepaskan flashdisk kalian yang sedang terhubung, perintah umount hampir sama dengan eject pada windows.

Silakan kalian masukan perintah dibawah ini terlebih dahulu sebelum melakukan format pada flashdisk.
sudo umount /dev/sdb1

4. Jika sudah, sekarang kalian bisa untuk memformat usb flashdisk kalian dengan cara memasukan perintah dibawah ini.
sudo mkfs.vfat /dev/sdb1

Jika sudah, flashdisk kalian sudah selesai di format. Bagaimana mudah bukan? Untuk fat itu sendiri adalah format flashdisk yang sudah selesai diformat, tetapi selain fat kalian bisa juga menggantinya dengan yang lain contohnya seperti : ntfs. ext3, ext4 dll sesuai dengan keperluan kalian.

Ada yang bingung? Silakan berikan komentar dibawah jika ingin memberikan saran atau kritik kalian terhadap artikel ini ataupun blog ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sekian Terimakasih.

Source : Shand
© Sasnesia. All rights reserved. Blog by Sasnesia