√ Cara Menginstall Plank Dock Di Linux Agar Terlihat Seperti MacOS - Sasnesia

Cara Menginstall Plank Dock Di Linux Agar Terlihat Seperti MacOS

Cara install Plank Dock Di Linux - Bagaimana agar tampilan desktop kita bisa terlihat seperti MacOS? Caranya adalah dengan menginstall plank dock di linux, disini kita bisa menggunakan Xubuntu 18.04 LTS dan kita install plank dock. Kenapa install plank dock? karena itu bisa mempermudah kita dalam membuka aplikasi yang sering kita buka tentunya dan selain mempermudah plank dock juga memberikan kesan dock seperti MacOS . 

Mungkin kalian bosan dengan tampilan Windows? kalian bisa beralih ke linux dan custom sendiri desktop yang kalian inginkan. Baiklah langsung saja kita ke tutorial cara bagaimana menginstall plank dock di linux agar terlihat seperti MacOS.



1. Pertama, pastikan kalian pengguna linux, baik itu ubuntu, debian, tealinux, dll

2. Silakan kalian buka terminal kalian dengan melalui shortcut keyboard yaitu tombol CTRL + Alt + T atau kalian bisa mencarinya di menu aplikasi linux kalian masing masing.

3. Jika kalian sudah membuka terminalnya, silakan kalian masuk kedalam mode root terlebih dahulu, disini saya menggunakan xubuntu 18.04 dan cara masuk ke mode root adalah :
sudo su
Jika kalian menggunakan debian, kalau tidak salah untuk masuk kedalam mode root itu " su " , maaf bila salah ya hehe lupa saya juga jarang makai debian desktop 😁.

4. Jika kalian sudah berhasil masuk kedalam mode root kalian tuliskan perintah dibawah ini:
add-apt-repository ppa:ricotz/docky
Jika kalian sudah mengetikan perintah diatas di terminal lalu tekan enter.

5. Selanjutnya kalian harus melakukan update pada respository kalian terlebih dahulu, caranya silakan masukan perintah dibawah ini kedalam terminal kalian.
sudo apt-get update
6. Nah, jika kalian sudah melakukan update kalian sudah bilang langsung menginstall dock plank di termimal, perintahnya adalah 
sudo apt-get install plank
Jika kalian sudah memasukan perintahnya dan menekan enter, selanjutnya kalian disuruh untuk memberikan konfirmasi ingin melanjutkan atau tidak? Jika kalian ingin melanjutkan penginstallan kalian bisa tekan tombol huruf y lalu enter atau jika tidak ingin di lanjutkan bisa tekan huruf n lalu enter. 

jika kalian menekan tombol huruf y otomatis dia akan mendownload serta melakukan penginstallan otomatis, jika sudah selesai kalian bisa lihat di menu aplikasi di distro linux kalian masing-masing.
Bagaimana mudah bukan?

Source : Shand
© Sasnesia. All rights reserved. Blog by Sasnesia