√ Cara Install Virtualbox Di Linux Ubuntu Menggunakan Terminal - Sasnesia

Cara Install Virtualbox Di Linux Ubuntu Menggunakan Terminal

Install Virtualbox Di Linux Dengan Terminal - Sebelum kita memulai install virtualbox, sebelumnya kita harus tahu sedikit dasar tentang virtualbox ini, apasih software yang bernama virtualbox itu? Virtualbox adalah sebuah software yang dimana software itu bersifat open-source yang dapat memungkinkan kalian menjalankan beberapa os atau operating system di laptop kalian. 

Cara Install Virtualbox Di Linux Ubuntu Menggunakan Terminal


Kedengarannya mirip seperti kita install dual boot operating system pada laptop, tapi kalau kita menjalankan beberapa os di virtualbox, kita dapat menggunakan operating system utama kita dan kita bisa juga menggunakan operating system kita yang kedua. 

Emmm....Gini deh, Jadi intinya kita bisa menjalankan dua operating system secara bersamaan dalam satu laptop. Kalau kita menggunakan dualboot kita hanya bisa memilih operating system mana yang akan kita gunakan? contohnya seperti saya, saya menggunakan dualboot yaitu windows 10 dan juga ubuntu 18.04. Kalau saya tidak menggunakan virtualbox saya hanya dapat memilih satu operating system (os) yang akan saya gunakan. 

Beda hal jika kita menggunakan virtualbox, dengan menggunakan virtualbox kita dapat menjalankan beberapa os atau operating system secara bersamaan (itu juga tergantung speksifikasi laptop/pc kalian yaa, untuk menjalakan 2-3 operating system secara bersamaan). 

Lalu bagaimana cara kita menginstall virtualbox di linux menggunakan terminal? baiklah langsung saja kalian ikuti tutorialnya dibawah ini.

1. Pertama kalian buka terlebih dahulu terminal kalian, jika sudah kalian buka terminal kalian silakan ketikan atau copy-paste perintah dibawah ini kedalam terminal kalian.
$ sudo add-apt-repository multiverse && sudo apt-get update
2. Jika sudah biarkan perintahnya untuk melakukan update, jika sudah selesai melakukan update selanjutnya kalian bisa install virtualboxnya langsung, dengan cara mengetikkan perintah dibawah ini diterminal kalian masing masing.
sudo apt install virtualbox
3.  Jika kalian sudah memasukan perintah diatas dan kita disuruh melakukan confirm untuk ingin melanjutkan (y) atau tidak (n), jika kalian ingin melanjutkan kalian bisa langsung ketik huruf y dan enter. Seperti gambar dibawah ini.


4. Jika sudah kalian ketikan y silakan tunggu itu akan otomatis terinstall dengan sendirinya, kalau sudah selesai dan kalian ingin menjalankan virtualboxnya silakan ketikan saja virtualbox pada terminal kalian dan otomatis akan open dan running dengan sendirinya 
$ virtualbox
5. Jika kalian ingin menghapus si virtualboxnya kalian bisa memasukan perintah dibawah ini.
$ sudo apt remove virtualbox 

Source : Shand
© Sasnesia. All rights reserved. Blog by Sasnesia